Senin, 28 November 2011

BAB 2. Individu, Keluarga dan Masyarakat

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Pada dasarnya manusia adalah makhluk Sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri ataupun menyendiri. karena didalam kehidupan ini terkadang atau mungkin seringkali manusia memliki kebutuhan yang tidak bisa dipenuhinya sendiran melainkan butuh bantuan dari manusia lain.

Manusia sebagai makhluk individu bukan berarti manusia yang hidup sendiri tanpa orang lain, tapi manusia jga bisa disebut sebagai makhluk individu,ini bisa diartikan sifat / tingkah manusia itu memiliki ciri sendiri – sendiri tidak mengikuti manusia lainnya. Seorang manusia pastinya akan menyingkirkan sifat keindividuannya apabila dia sedang berinteraksi dengan manusia lainya dalam kelompok. Dalam perkembangannya manusia sebagai makhluk individu selalu berhadapan dengan konflik, karena tingkah lakunya selalu ataupun ada yang bertentangan dengan apa yang ada didalam lingkungan masyarakat

Setiap individu pasti akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan,tentunya pertumbuhan ini mengarah kearah yang lebih maju dan menjadi dewasa,dan menurut apa yang saya cari di google ada beberapa factor yang mempengaruhi pertumbuhan,antara lain :

1. Faktor keturunan dari individu itu sendiri yang dibawanya sejak lahir
2. Faktor lingkungan, dimana tempat seorang individu banyak melakukan interaksi dengan individu lain
Dari sini kita dapat simpulkan bahwa factor pertumbuhan bukan saja bawaan dari lahir atau keturunan dari orang tua kita tetapi lingkungan tempat kita bergaul juga bisa menjadi factor yang sangat berperan bagi pertumbuhan kita.
Dan sedikit tambahan dari hasil searching saya ada beberapa tahapan pertumbuhan berdasarkan psikologi :

• Masa vital yaitu dari usia 0 tahun sampai 2 tahun
• Masa estetik dari usia 2 tahun sampai 7 tahun
• Masa intelektual dari usia 7 tahun sampai 14 tahun
• Masa sosial dari usia 13/14 tahun sampai 20/21 tahun

Keluarga adalah sekumpulan kelompok kecil dari masyarakat yang dimana di dalamnya terdapat Kakek,nenek,ibu,bapak,anak dll. Yang dimana didalamnya banyaksekali terjadi interaksi antar satu dan yang lainnya,dan biasanya disinilah kepribadian dari individu terbentuk
Dan didalam keluarga memiliki beberapa fungsi yaitu :

1. Funsi biologis
2. Fungsi pemeliharaan
3. Fungsi Ekonomi
4. Fungsi Keagamaan
5. Fungsi Sosial


Masyarakat adalah bisa dikatakan gabungan-gabungan dari berbagai macam keluarga dan berbagai macam kelompok. contohnya kita mengenal masyarakat kota, masyarakat desa, dan lain sebagainya.
Dalam perkembangan dan pertumbuhannya masyarakat dapat digolngkan menjadi


1. Masyarakat sederhana, dalam lingkungan masyarakatnya pola pembagian kerja cenderung dibedkan menurut jenis kelamin
2. Masyarakat maju, memilki berbagai aneka ragam kelompok sosial atau lebih dekenal dengan organisasi


• Masyarakat non industri, pada tingkat ini bisa dibedakan dua kelompok yaitu kelompok primer dan kelompok sekunder. kelompok primer lebih erat dan lebih akrab dibandingkan kelompok sekunder karena dalam kelompok msekunder pembagian kerjanya berdasarkan kemampuan jadi bisa dibilang ada unsur terpaksa dalam melakukan peranannya
• Masyarakat industri, contohnya tukang roti, tukang sepatu, tukang dagang, dan lain-lain

Dari ini semua dapat kita simpulkan bahwa manusia itu bisa dikatakan sebagai mahluk individu atau sosial berdasarkan dimana dia sedang berada, tetapi dalam tanda kutip tidak ada manusia yang bisa hidup secara individu, manusia itu perlu orang lain untuk berinteraksi, ex: untuk teman mengobrol, untuk membantu menyelesaikan masalah dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar